08121-433-433
cs.arsitekhijau@gmail.com

Tips menata Taman Di Halaman Rumah

Selasa, September 29th 2015. | Artikel

Tips menata Taman Di Halaman Rumah. Memiliki taman yang rapi, indah dan terawat merupakan idaman setiap pemilik rumah. Selain pemilihan jenis tanaman yang beragam, penambahan elemen-elemen keras, seperti pot, batuan alam dan kolam akan memperindahan taman anda. Serta dengan penataan yang apik dan perawatan secara rutin akan menambah pula keindahan dan kenyamanan pada rumah anda.

Hal utama yang paling penting dalam pembuatan taman yakni pemilihan tanaman pohon atau bunga yang sesuai dengan iklim dan kondisi rumah anda. dengan begitu kesan asri dan fresh yang anda inginkan untuk menghias tampilan rumah anda pun terwujud selain itu juga dengan membuat taman di halaman rumah membantu alam mengurangi efek pemanasan global dan menyaring polutan yang masauk ke rumah anda.

Taman itu sendiri tidak harus memiliki lahan yang luas, pada lahan yang sempitpun anda masih bisa menciptakan ruang hijau seperti membuat taman vertikal di dinding rumah bahkan untuk area di dalam rumah pun anda bisa menempatkan tanaman untuk memperindah dan memberi kenyamanan bagi anggota keluarga.

Berikut beberapa tips untuk membuat taman anda lebih indahdan cantik:

Pemilihan Tanaman

Jika anda memiliki lahan taman yang luas, anda lebih mudah memilih jenis tanaman yang beragam baik yang ditanam langsung ditanah atau menggunakan pot. Pilihlah tanaman yang mudah perawatannya seperti pohon palem Biasanya digunakan pada central taman atau sebagai latar.Tujuannya agar keindahan botol batangnya dapat terlihat penuh tanpa tertutup tanaman lain. Cocok ditanam tunggal sehingga sosoknya terlihat utuh. Bila ditanam mengapit jalan masuk akan menampilkan kesan ramah. Untuk anda yang memiliki lahan yang sempit, anda dapat memilih tanaman dalam pot sehingga kesan minimalispun akan lebih terasa dan memudahkan anda juga dalam perawatannya.

Penataan Taman

Setelah memilih jenis tanaman yang sesuai untuk taman anda. anda harus menatanya agar terlihat lebih cantik dan indah. Berilah jarak antar tanaman agar tidak terlihat sempit. Ada baiknya menata tanaman dengan lurus, namun jika anda memiliki lahan sempit, anda dapat menyiasatinya dengan membut lengkungan.

Kolam ikan dan air mancur

Meskipun lahan yang anda miliki sempit, sebaiknya anda menyiapkan sedikit lahan untuk membuat kolam, karena dengan adanya kolam dan air mancur minimalis menambah keasrian taman anda. saat ini sudah ada penjual yang mendesain kolam air mancur khusu untuk lahan sempit, sehingga memudahkan anda untuk memilihnya. Namun untuk anda yang memiliki lahan yang luas maka hal yang satu ini bukan menjadi suatu persoalan. Anda bisa dengan bebas memilih bentuk ukuran dan bahan apa yang digunakan untuk membuat kolam idaman anda.

Gazebo

Jika anda memiliki lahan yang luas, tidak ada salahnya menambahkan desain gazebo untuk taman anda. Berfungsi untuk tempat bersantai, anda juga dapat mendesain gazebo dengan menggunakan atap sehingga terhindar dari panas dan hujan dan tentunya side ini akan menjadi tempat favorit anggota keluarga dan kerabat yang berkunjung ke rumah anda. Taman idaman pun akan tercipta.

Demikian ulasan tentang Tips menata taman di halaman rumah anda, kunjungi juga artikel kami tentang Tanaman yang cocok untuk menghiasi halaman rumah. semoga menambah wawasan untuk anda.

 

 

Artikel lain Tips menata Taman Di Halaman Rumah