08121-433-433
cs.arsitekhijau@gmail.com

Tanaman yang cocok untuk menghiasi halaman rumah.

Kamis, Agustus 20th 2015. | Artikel

Tanaman yang cocok untuk menghiasi halaman rumah. Rumah idaman tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah, maka dari itu selain mendesain detail setiap ruangan,pemilihan cat dinding dan perabot yang akan menempati setiap ruangan, halaman rumah pun tak luput dari perhatian.

Ada banyak cara yang akan dilakukan pemilik rumah untuk menjadikan halaman rumahnya indah dilihat mata. Salah satunya dengan pemilihan berbagai tanaman sehingga tampilan rumah akan terlihat semakin asri dan menyegarkan.

Namun tidak semua tanaman dapat diaplikasikan pada halaman rumah anda,jangan sampai kesan asri dan menyejukkan yang anda inginkan malah berubah menjadi kesan angker dan kumuh. Maka dari itu sebelum melakukan penanaman kita wajib mempertimbangkan fungsi dan estetika terlebih dahulu supaya nantinya tidak hanya sedap dipandang tapi juga dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Berikut beberapa jenis tumbuhan yang dapat kita pertimbangkan untuk ditanam di sekitar halaman rumah, di antaranya adalah:

Pohon Jambu air atau Mangga

Pohon ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mudah dibudidayakan dan umur tumbuhnya cepat,sehingga sangat cocok ditanam di halaman rumah anda. Harganya pun tidak terlalu mahal.Dengan ranting dan daun yang lebat dapat menghalagi sinar matahari yang masuk ke rumah dan menyaring debu debu yang masuk. Selain itu juga, menghasilkan buah yang lezat sehingga memiliki daya tarik yang lebih yang membuat anda maupun tamu yang datang ke rumah anda akan merasa nyaman.

Pohon Asem jawa

Semula pohon ini banyak ditanam sebagai pohon penghijauan di sepanjang jalan. Mempunyai karakter batang yang kuat dan sering dijadikan bahan bonsai. Saat ini tanaman tropis Afrika ini mulai populer sebagai tanaman penghias taman. Memiliki bonggol yang artistik ditunjang bentuk yang rimbunnya daun, tanaman ini dapat ditanam pada sisi dinding semen berelief alami atau di pinggir kolam di antara batu-batu alam.

Cemara kipas

Pohon ini menyerupai piramida yang dapat mencapai tinggi 20 m. Daunnya berwarna hijau gelap dan hijau kekuningan pada bagian ujung, tersusun menipis serta menyirap mirip kipas. Cemara ini dapat ditanam berderet sepanjang pagar baik di luar maupun di dalam halaman, sehingga dapat berfungsi sebagai pembatas dan “pemahat” angin. Khusunya untuk rumah yang memiliki halaman yang luas,deretan cemara kipas di sepanjang jalan masuk akan memberikan kesan pengarah yang kuat.

Palem botol.

Tanaman yang menyerupai pohon kelapa ini sangat cocok bila ditanam di sekitar halaman rumah. Ada banyak jenis pohon palem dan pohon Palem ini termasuk salah satu yang unik. Sehingga banyak dipilih oleh landscaper sebagai penghias halaman rumah. Batangnya membentuk gembungan yang mengecil pada bagian atasnya hingga mirip botol. Maka dari itu pohon palem ini disebut palem botol.

Biasanya digunakan pada central taman atau sebagai latar.Tujuannya agar keindahan botol batangnya dapat terlihat penuh tanpa tertutup tanaman lain. Cocok ditanam tunggal sehingga sosoknya terlihat utuh. Bila ditanam mengapit jalan masuk akan menampilkan kesan ramah.

Bambu jepang.

Bambu ini berasal dari Cina dan Jepang. Dapat tumbuh tinggi mencapai 10 m. Dengan ranting yang ramping dan berdaun lebat bambu ini sering dijadikan screen pada dinding tembok yang tinggi. Selain itu ia dapat ditanam di pagar yang berfungsi sebagai pembatas. Bambu cantik ini juga dapat ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.

Pohon Pepaya

Setiap orang pasti sudah mengenal pohon yang satu ini, pohon yang sangat terkenal karena buahnya yang manis dan segar. Pohon pepaya (Carica papaya), merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Fungsi pepaya selain dari buah dan daunnya yang bisa dimakan adalah sebagai kanopi alami, dan karena daunnya yang lebar pepaya dapat dimanfaatkan untuk melindungi halaman rumah Anda dari teriknya sinar matahari.

Demikian beberapa tanaman yang bisa anda pertimbangan sebagai referensi penghias halaman rumah anda. Semoga bermanfaat.

Artikel lain Tanaman yang cocok untuk menghiasi halaman rumah.