081-330-646464
cs.arsitekhijau@gmail.com

Rumah Minimalis Yang Nyaman Ditempati

Sabtu, November 26th 2016. | Artikel

Design Rumah Minimalis akan terus berkembang seiring dengan kreativitas arsitek, inovasi desain, dan ditunjang kecanggihan teknologi, membuat penampilan rumah minimalis akan selalu hadir dengan terobosan- terobosan baru yang segar, detail yang makin sempurna, dan harga yang semakin terjangkau. Kehadiran rumah minimalis justru menjadi media komunikasi antara arsitektur dan lanskap dengan bentuk kekontrasannya antara alam dan sesuatu buatan manusia (budaya). Dengan hadirnya rumah minimalis akan menimbulkan rasa damai pada keluarga saat berada didalam rumah, berbagai karakter lebih jelas, lebih baik dan lebih kuat dengan ruang ruang kosong yangs sedikit ornamen dan furniture. Pada dasarnya prinsip dari rumah minimalis ialah semakin sederhana, maka kualitas design, ruang yang ada, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin lebih baik.

5-desain-rumah-minimalis-sederhana-yang-nyaman-dihuni-01-e1454059576544                       denah-rumah-minimalis-2-lantai-dengan-3-kamar-tidur

Apakah bentuk rumah minimalis selalu kotak sederhana atau ada bentuk lain?

Bentuk rumah minimalis tidak selalu harus kotak sederhana, tetapi juga dapat berbentuk platonik geometri menjadi bagian dari lanskap yang “tiba-tiba” muncul ke atas. Namun, jika rumah tersebut memang hanya diperlukan bentuk kotak, maka bentuk kotak merupakan hasil dari suatu proses kebutuhan fungsi, bukan karena pemaksaan ataupun latah mengikuti tren.

Minimum is ultimate ornament. Minimum menjadi tujuan sekaligus ornamen itu sendiri yang sederhana dan murni (simple and pure). Garis-garis lurus, bidang-bidang datar yang mulus, terkadang kasar, dan pertemuan bidang yang serba siku tegak lurus. Blocking massa, material, pencahayaan, pengulangan, sirkulasi ringkas, optimalisasi multifungsi ruang dan berurut.

gambar-rumah-minimalis-1-lantai-nyaman-4

Apakah rumah minimalis nyaman untuk ditempati?

Rumah minimalis jelas sangat diminati bagi masyarakat urban yang serba praktis, fungsional, ringan, hemat, dan efisien. Perabotan rumah mengikuti bentuk dasar geometris bangunan, efisien, dan fungsional saja. Penataan cahaya lampu yang cermat dan berseni (lampu sorot, lampu tanam, lampu gantung, lampu taman) membuat rumah minimalis tampak lebih artistik di malam hari.

Penataan taman bergaya minimalis akan memberikan “roh” kelembutan terhadap kekakuan bentuk bangunan, kekerasan bahan material, dan keselarasan hidup dengan lingkungan teduh sekitar. Kehadiran pepohonan yang rindang, halaman berumput, dan tanaman teduh lainnya memberikan suasana segar, nyaman dan juga akan hidup untuk mengisi “kehampaan” rumah minimalis.

Pada akhirnya nilai keindahan rumah minimalis tidak lagi mengandalkan ornamen dan obyek artifisial, tetapi lebih bermakna kepada sebuah kejujuran bentuk, fungsi, dan penjiwaan ruang yang diciptakan. Maka tak heran jika kemudian rumah minimalis menjadi pilihan masyarakat urban yang merindukan kejujuran, kesederhanaan, dan kepolosannya

Rumah Sederhana Tapi Nyaman desain rumah sederhana asri desain rumah minimalis gambar - Model Rumah Sederhana

Artikel lain Rumah Minimalis Yang Nyaman Ditempati