08121-433-433
cs.arsitekhijau@gmail.com

Macam Jenis Penginapan

Senin, Oktober 5th 2015. | Artikel

Macam Jenis Penginapan. Menghabiskan libur akhir pekan memang lebih mengasyikkan jika dihabiskan ditempat wisata, apalagi menginap di penginapan yang menyediakan fasilitas yang mendukung liburan anda menjadi lebih menyenangkan. Di Indonesia banyak sekali istilah untuk macam jenis penginapan. Perbedaan tersebut berdasarkan pada fitur, fasilitas, kondisi dan harga. Meskipun memiliki perbedaan dalam penyebutan pada hakikatnya memiliki arti yang sama yakni tempat menginap.

Berikut akan kami jelaskan beberapa istilah penginapan yang ada di Indonesia:

Hotel. Berbentuk bangunan modern vertikal dengan kamar-kamar yang disewakan. Pada bagian depan ada lobi khusus untuk keluar masuk tamu hotel.

Resort. Resort biasanya terletak jauh dari keramaian kota. Kebanyakan resort terletak di tempat tujuan wisata yang jauh dari daerah perkotaan. Resort memiliki desain yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang liburan wisatawan.

Villa. Pada umumnya orang Indonesia menyebut istilah ini untuk tempat menginap dalam bentuk rumah lengkap. Ada unsur kamar, dapur dan ruang keluarga atau ruang tamu. Jenis villa banyak ditemukan pada tempat-tempat wisata yang menonjolkan unsur keindahan alam. Seperti di Bali, Puncak Bogor, Batu Malang, dan tempat-tempat lain yang telah dikenal keindahannya.

Losmen. Pada umumnya penginapan ini berbentuk rumah dan disewakan per kamar. Yang biasanya terdapat bangunan utama sebagai tempat pemilik atau pengelola losmen tersebut.

Apartemen. Berbentuk bangunan seperti hotel dengan kamar-kamar yang diatur sedemikian hingga. Ada kamar jenis studio yang langsung menyatu antara tempat tidur, ruang keluarga dan dapur. Tetapi ada pula yang berbentuk elemen rumah dengan kamar-kamar di dalamnya. Apartemen biasanya dimiliki oleh personal untuk tiap kamarnya dan dikelola oleh suatu perusahaan untuk disewakan.

Condominium. Pada beberapa tempat wisata yang sangat terkenal, sering ditemukan kelas tinggi dari suatu apartemen. Bangunan dan fasilitasnya super mewah dan lengkap.

Cottages. Adalah bangunan semi villa yang dikelola oleh satu pihak. Biasanya arealnya luas (bukan bertingkat seperti hotel). Dikatakan semi villa karena berbentuk villa-villa dalam satu kompleks.

Homestay. Penginapan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat dan biasanya disewakan untuk waktu yang lebih lama. Pada umumnya menyatu dengan perumahan penduduk.

Demikian penjelasan di atas, semoga dapat memudahkan anda untuk mencari tempat penginapan untuk liburan bersama keluarga.

Artikel lain Macam Jenis Penginapan