08121-433-433
cs.arsitekhijau@gmail.com

Fungsi Dan Peran Cermin untuk Interior Rumah

Rabu, Oktober 21st 2015. | Artikel

Fungsi Dan Peran Cermin untuk Jasa Desain Interior Rumah. Cermin memiliki fungsi untuk merefleksi suatu benda. Namun seiring berkembangnya teknologi khususnya di bidang arsitektur, peran cerminpun menjadi lebih meluas terutama diaplikasikan pada desain interior ruangan.

Tak jarang, cermin juga memberi kesan luas, elegan, anggun, dan mewah. Karena itu, tak heran jika cermin hampir dijumpai di tiap ruangan, apa pun fungsi ruangannya. Sementara dalam dunia arsitektur, sifat cermin yang dapat mereflikasikan bayangan menjadi nilai lebih yang disukai arsitek. Cermin juga memiliki karakter avant garde dan futuristic. Para arsitek kerap memakai cermin sebagai kulit bangunan. Contohnya, menggunakan potongan cermin datar yang disusun vertikal dan membentuk bidang dinding. Model seperti ini lazim ditemui di gedung-gedung perkantoran. Selain menciptakan kesan futuristic, cermin juga dipakai sebagai alat untuk menangkap warna langit. Dengan demikian kita disuguhi pemandangan indah berupa bayangan langit dan siluet bangunan sekitar hanya dengan melihat bangunan.

FUNGSI CERMIN

Ruangan menjadi lebih dinamis
Cermin memiliki fungsi estetik yakni memberikan kesan luas atau lapang pada sebuah ruangan. Untuk ruangan yang ruang sempit dan terbatas, cermin sangat membantu memanipulasi luas. Cermin juga dapat difungsikan untuk menambah ruangan lebih terang karena pantulannya bersifat reflektif, sehingga cahaya lampu akan menyebar di seluruh sudut ruang yang diinginkan.

Sebagai unsur seni
Cermin tak lagi tampil dengan bentuk kaku, kini cermin juga dijadikan sebagai salah satu benda seni bernilai. Beberapa seniman memakai cermin sebagai medium untuk berkarya. Banyak karya atau instalasi unik berbahan dasar cermin yang kemudian menghias rumah.

Meningkatkan mood
Fungsi umum memang untuk berkaca, namun cermin juga refleksi diri sendiri. Dengan cermin kita bisa melihat rupa diri sehingga dapat berkaca dan memperbaiki penampilan menjadi lebih baik sehingga mood juga menjadi bagus.

Dalam kehidupan modern, aplikasi cermin bisa beragam. Contohnya saja fungsi penting cermin cembung sebagai media keselamatan dan keamanan yang pada kaca sepion di kendaraan bermotor dan yang biasa ditaruh di sudut-sudut jalan bertikung tajam. Tujuannya agar pengendara bermotor bisa melihat arus lalu-lintas dari arah yang berlawanan sehingga saat berkendara lebih aman.

PENEMPATAN CERMIN

Secara ilmu fengshui, penempatan cermin yang tepat pada suatu ruangan dipercaya bisa mengantarkan, menyerap dan memantulkan energi “chi”. Biasanya digunakan dua jenis cermin. Cermin datar untuk menyerap energi dari satu arah, dan cermin cembung berfungsi menyebarkan energi ke berbagai arah.

Selanjutnya,  dengan fungsi cermin yang memantulkan, peletakannya perlu menyesesuaikan dengan ruangan. Posisi peletakan cermin jangan sampai terlalu rendah yang efeknya secara psikologis memotong bagian kepala penghuni. Di ruang makan, peletakan cermin mencirikan kelimpahan dalam rumah tangga. Di ruang tidur, disarankan jangan meletakkan  cermin menghadap ranjang karena dapat menciptakan chi terlalu kuat bagi orang yang sedang beristirahat.

Sebagai bagian dari dekorasi rumah, cermin juga kerap dipakai sebagai pengganti hiasan dinding. Cermin yang memiliki bentuk unik serta tampil berwarna dapat juga dijadikan sebagai pengganti hiasan dinding yang kaku. Kesan memantul yang dihasilkan oleh cermin akan membuat sebuah ruangan lebih dramatis.

 

Artikel lain Fungsi Dan Peran Cermin untuk Interior Rumah